Minggu, 17 Juni 2012

Crochet



Ini salah satu aktivitas untuk mengisi masa-masa pengangguran saya sekarang. Yaa.. saya pengangguran berhubung SNMPTN sudah berlalu dan yang dapat saya lakukan sekarang adalah berdoa plus tetep ber-positive thinking kepada Allah Yang Maha Baik :)

Info singkat aja, setahuku crochet itu semacam merajut tapi pakai satu jarum hakken. Beda sama knitting (merajut dengan dua jarum; bukan jarum hakken kayaknya...), kalau crochet itu lebih sering dipakai untuk membuat aksesoris (bando, kuncir rambut, dompet hape, tas, dll) sedangkan knitting biasa diterapkan pada pembuatan sweater, syal, dll. ~CMIIW~

Saya mulai mengenal crochet ini sejak SD kelas 5 atau kelas 6. Waktu itu, ada tugas prakarya bikin boneka dari botol bekas dan bola pingpong. Nah, ada temen saya (si A) yang dibikinin baju boneka sama ibunya dari rajutan benang wool. Saya penasaran dan tertarik mengetahui cara pembuatannya. Temen saya yang lain (si B) ternyata sudah menguasai tekniknya sedikit-sedikit. So, jadilah saya belajar teknik dasarnya saat itu juga.

Berlanjut ke SMP, saya makin penasaran dan ingin membuat 'sesuatu' dengan merajut. Saya minta dibeliin buku tentang merajut sama mami. Dari buku itu lah saya mulai belajar dan berhasil membuat sebuah dompet hape. Ini nih...



Setelah itu, saya vakum lamaaaaa banget dari aktivitas ini. Baru pasca-SNMPTN kemarin, saya ambil lagi alat-alat dan buku crochet yang udah lama teronggok di loker. Mulai membuat 'sesuatu' lagi. Pilihan saya jatuh pada kuncir rambut soalnya saya gak punya kuncir rambut. Jadi setiap kali mau ngiket rambut harus cari karet. Kalau karetnya putus, musti cari karet lain lagi. Kalau males nyari karet, rambut jadi gak bisa diiket. Gerahhhhh... Inilah hasilnya, semoga bisa awet


Sekarang saya sedang berusaha membuat tas selempang yang muat diisi dompet, hape, dan kamera atau satu stel mukena parasit. Supaya kalau pergi-pergi maen atau jalan-jalan gak perlu bawa ransel gede lagi, hehehe...

5 komentar:

  1. bagus bagus. tetap positif dg mengerjakan hal positif d(^_^)b

    BalasHapus
  2. saya suka kata-kata itu :D

    terima kasih telah berkunjung *verybigsmile*

    BalasHapus
  3. cakeeeeep
    saya baru beajar merajut
    barusan bikin gantungan kunci motor panjang biar kunci g jatuh dijalan. lubang kuncinya sudah longgar :D

    BalasHapus
  4. waaah, jadi pingin lihat gantungan kuncinya :) seperti apakah modelnya...?

    BalasHapus