Sabtu, 03 April 2010

Masa Remaja, Masanya Eksplorasi

Masa-masa remaja memang masa-masa yang indah. Banyak hal-hal baru dan menantang yang bisa dilakoni. Mulai dari punya banyak teman, banyak kegiatan, romantisme remaja, hingga banyaknya peluang mengukir prestasi. Yang terutama, mayoritas kita tidak perlu memikirkan masalah duit. Itu masalah orang tua. Kalau kita butuh, ya tinggal minta.

Asyiknya jadi remaja terletak pada banyaknya kesempatan untuk eksplorasi. Masa remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa yang dipenuhi dengan perjalanan mencari jati diri. Beruntungnya remaja jaman sekarang, banyak sekali sarana yang dapat kita gunakan untuk berpetualang mencari identitas kita yang sesungguhnya.

  • Memulai eksplorasi dengan minat
Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda. Ada yang berminat dalam bidang sastra, musik, sains, olahraga, dll. Nah, untuk menemukan jati diri kita yang sebenarnya, mulailah memperhatikan minat. Salurkan minat kita dengan benar. Nikmati rasa gembira yang muncul ketika minat kita terpuaskan dengan baik. Lakukan sebanyak mungkin kegiatan yang memang sesuai dengan minat kita. Misalnya, kita memiliki minat yang besar dalam bidang sastra. Maka, jangan hanya puas menikmati karya sastra orang lain. Cobalah untuk menciptakan karya sastra sendiri.
  • Atur penyaluran minat
Agar minat kita bisa tersalurkan dengan baik, kita bisa mengikuti organisasi-organisasi yang sesuai dengan minat kita. Dengan menjadi anggota organisasi, setidaknya penyaluran minat kita bisa lebih teratur karena biasanya setiap organisasi memiliki program yang terjadwal. Melalui organisasi, kita juga bisa mendapat banyak kenalan yang memiliki minat sama. Kita bisa belajar bersama. Saling membagi kelebihan dan menutup kekurangan. Selain ikut organisasi, kita juga bisa bergabung dengan grup di dunia maya (Grup FB, mailing list, dll). Kita bisa saling berbagi ide dan berdiskusi dengan orang lain dengan jangkauan yang lebih luas.
  • Jangan ragu untuk tampil
Ketika ada kesempatan untuk menunjukkan kemampuan kita, jangan pernah ragu untuk mengambilnya. Misalnya saja ada lomba menulis cerpen tingkat nasional. Bagi kalian yang berminat untuk ikut, langsung saja mendaftar. Jangan pernah berpikir bahwa kita tidak akan mampu menjadi pemenang dalam kompetisi itu hanya karena kita masih pemula, cerpenis kelas teri. Keberuntungan orang itu berbeda-beda. Lihat saja Andrea Hirata. Siapa dia? Sekalinya tampil, dia langsung dikenal sebagai penulis tetralogi yang mampu menembus tangga best seller. Jadi, meskipun kita masih tergolong cerpenis pemula, tidak menutup kemungkinan kita bisa menjuarai lomba cerpen tingkat nasional. Kalau pun toh kita kalah, ini hal yang wajar dalam suatu perlombaan. Setidaknya, kita mendapat pengalaman baru dari kejadian itu.
  • Jangan berhenti bersaing
Teruslah bersaing dengan sehat! Jangan biarkan kegagalan memaksamu untuk berhenti dan membiarkan minatmu terpendam dalam tanpa kesempatan untuk mengangkasa! Persaingan dapat membentuk pribadi yang mumpuni, tentu saja jika itu adalah persaingan yang sehat. Dengan bersaing, kita akan terus terdorong untuk mengoreksi kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kita. Itu artinya, kita dapat terus bereksplorasi untuk menemukan jati diri kita yang sebenarnya.


Itulah asyiknya jadi remaja. Kita masih punya banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan minat kita. Otak kita masih mudah digunakan untuk mempelajari hal-hal baru. Banyak sarana yang dapat kita gunakan untuk menyalurkan minat dan membentuk kepribadian kita. Di era globalisasi seperti ini, banyak kemudahan yang bisa kita dapat untuk menghabiskan masa-masa remaja dengan jalan yang benar dan mengukir sebanyak mungkin prestasi. Contohnya, kita bisa memanfaatkan aneka situs jejaring sosial. Rugi kalau kita memanfaatkan Facebook, Twitter, Plurk, dsb hanya untuk ngobrol ngalor-ngidul nggak jelas.

So, ayo isi masa remaja kita dengan hal-hal yang menyenangkan dan, tentu saja, bermanfaat bagi kita! Apa pun minat kalian, salurkan dengan jitu! Manfaatkan masa remaja kita untuk mengukir sebanyak mungkin prestasi dan membentuk pribadi yang mumpuni!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar