Jumat, 19 Juli 2013

Simulasi #1

Diambil dari sini.

“…mungkin ini simulasi mencampurkan 133 zat kimia yang berbeda dalam satu wadah. Dengan harapan ke-133 zat itu bisa bereaksi sempurna dan membentuk satu zat baru yang diinginkan oleh si Penyampur.”
Bayanganku, ada 133 tetes cat minyak dengan warna berbeda yang diteteskan ke dalam baskom berisi air. Warna-warna itu akan berdiri sendiri, tidak bercampur. Perlu effort lebih untuk mencampurkan semua warna itu. Kalau semua warna itu sudah tercampur, warna apa yang muncul? Hitam?

Bayanganku juga sempat mempertimbangkan gelombang cahaya. Ada 133 gelombang cahaya tampak yang berbeda-beda frekuensi dan panjang gelombangnya. Seseorang ingin menyatukan ke-133 gelombang itu. Lalu, cahaya tampak warna apakah yang akan terlihat jika semua gelombang itu telah menyatu? Putih?


Baru beberapa saat kemudian aku ingat. Warna-warna itu tidak perlu  melebur semua untuk bersatu. Mereka tetap bisa berdiri sendiri, mempertahankan identitas mereka. Yang mereka perlukan untuk bersatu hanyalah kerelaan menerima eksistensi warna lain, kemauan untuk berdampingan dan bersinergi dengan warna-warna lain membentuk suatu karya yang indah, yang tepat komposisi warnanya.

Aku masih belajar...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar