Rabu, 24 Juli 2013

Udah Siap?

Ce: Hari ini adalah hari ketiga aku nggak bangun sahur.
Co: Cewe koq gak bangun sahur... nanti suaminya gimana...

Dialog singkat yang mengusik pikiran saya. Ditambah kondisi lingkungan sekitar yang lagi lumayan panas soal 'nikah' , saya jadi mikir gara-gara obrolan sesaat yang saya dengar ini.

Udah setahun saya jadi mahasiswa, perantau, dan tinggal di kos-kosan. Udah setahun saya hidup jauh dari orang tua. Hubungan dengan mereka hanya lewat SMS, telepon, FB, do'a, dan kiriman uang. Tanpa kontak fisik. Di rantau ini saya harus bisa mengurus diri sendiri: bersihin kamar kos sendiri, nyuci baju sendiri, cari makan sendiri, jaga kesehatan sendiri, atur duit sendiri, dll. Intinya belajar mandiri lah.

Lalu, sudahkah saya jauh lebih mandiri dari tahun lalu?

Hoho, rasa-rasanya belum. Aku memang melakukan hal-hal itu sendiri. Tapi tidak disertai kesadaran diri. So, kalau dapet kesempatan pulkam, aku seperti komputer yang di-shut down. Memori di RAM ilang semua.

Nah, kalau ngurus diri sendiri aja masih dilandasi keterpaksaan, gimana mau ngurus orang lain...?

Aku jadi ingat suatu blogpost yang ada di sini:

A: Jadi gimana mba?
B: Kamu siap nikah sekarang?
A: Siaaap... Insya Allah aku mau mba, bikin hubungan kayak gini jadi halal
B: Oke sip. Anyway, menikah itu lebih dari sebatas halal say. Tapi melayani... melayani makannya, capeknya, cuciannya, anak-anaknya, keuangannya...
A: Insya Allah...
B: Kamarmu sudah rapi?
A: ...
B: Pengelolaan uang jajan, belanjamu sudah beres?
A: ...
B: Sudah ga terbiasa beli makan di warung kan?
A: ...
B: Tumpukan baju kotormu sudah dicuci? Dan ga ngelaundry kan?
A: ... 

Kena banget sama dialog itu. Ayo jadi pribadi yang lebih mandiri dan dewasa! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar