Kamis, 07 Juli 2011

Student Exchange Program

Seperti yang saya janjikan di entry sebelum entry ini, saya akan menjelaskan tentang JENESYS. Tapiii, nggak cuma JENESYS yang akan saya jelaskan di sini. Silakan disimak!

[anggap saja ini sebagai promosi, meski aku nggak lolos seleksi program ini, hehe]

Mari kita mulai entry yang kayaknya bakalan puanjaaaaang ini dengan sedikit keterangan tentang:

BINA ANTARBUDAYA [BAB]

Bina Antarbudaya adalah suatu organisasi non profit yang menyelenggarakan seleksi Student Exchange [StuEx] ini. Organisasi ini merupakan partner dari AFS, organisasi internasional yang menyelenggarakan pertukaran pelajar seluruh dunia.

Nah, program StuEx nya sendiri dibagi menjadi tiga:
  1. AFS [StuEx ke negara-negara di Eropa, kayaknya nggak beasiswa penuh. Jadi kita juga harus siapin duit buat idup di Eropa]
  2. YES [StuEx ke USA, full beasiswa dari pemerintah US]
  3. JENESYS [StuEx ke Japan, ada yang program 1 tahun dan 2 minggu, full beasiswa juga kayaknya...]

Program-program StuEx itu mengedepankan tentang studi budaya. Jadi, nantinya buat anak-anak yang lolos dan berangkat ke luar negeri, mereka diwajibkan buat memperkenalkan budaya Indonesia di negara penerima. And of course, mereka juga bisa belajar budaya nya negara penerima. 

Soal seleksi, woooo.... Prosesnya panjang banget. Makan waktu sekitar satu tahun. Dari kelas satu SMA [yang boleh ikut emang cuma murid kelas satu SMA] sampai kelas 2. Kalau lolos, berangkatnya bisa semester akhir kelas 2 atau awal kelas 3. Dan aku, hanya bisa bertahan sampai tahap seleksi nasional YES, yang udah aku post di sini.

Singkat cerita, bulan Maret kemarin saya dapat surat dari BAB. Isinya mengatakan bahwa saya tidak lolos seleksi. Tapi saya tidak terlalu memperhatikan subjeknya sehingga saya nggak tahu saya itu nggak lolos yang program apa. Soalnya saya kan mendaftar untuk dua program: YES dan JENESYS.

Info tambahan, bagi peserta seleksi yang mendaftar untuk ketiga program, kalau mereka nggak lolos seleksi YES, mereka masih bisa dapet yang AFS. Kalau gagal di AFS, bisa dipindah ke JENESYS. Kalau gagal di JENESYS, ya udah, berarti orang itu belum ditakdirkan buat belajar ke luar negeri, yeahhh ~

Nah, pas aku galau kemarin itu, gara-gara di FB temen-temen seleksi StuEx pada ribut soal pengumuman hasil seleksi JENESYS intensive program [yang 2 minggu] yang katanya udah keluar.

Berhubung aku udah gagal di YES, berarti harapanku cuma di JENESYS.

Hasil seleksi JENESYS long program [1 tahun] udah keluar dulu. Aku nggak lolos. Cuma ada 7 anak yang lolos seleksi program ini. Kenapa sedikit sekali? Denger-denger sih, program ini dialihkan ke anak-anak paskib nasional sebagai hadiah bagi jasa mereka yang telah mengibarkan bendera merah putih saat HUT RI [kayaknya lho yaa...]. Dan untuk seleksi yang tahun ini, buat adik kelasku, pilihan programnya tinggal dua: YES sama AFS. JENESYS udah nggak masuk program dari BAB lagi.

Pas tahu kalau hasil seleksi JENESYS intensive program udah keluar, nggak tau kenapa, tiba-tiba aku berharap banget buat dapat program itu. Padahal pas terima surat dari BAB bulan Maret kemarin, aku udah mengubur harapan buat lolos seleksi StuEx ini lho...

Selang dua hari setelah kegalauan itu lahir, saya pun mampu membunuhnya. Yeah, dalam jangka waktu dua hari itu, saya semakin yakin kalau saya nggak lolos [juga] di program yang satu ini. Dan saya mulai bisa tersenyum lagi, karena saya sudah ikhlas.

Mungkin saat ini saya memang belum pantas untuk belajar ke luar negeri. Mungkin juga saya nggak cocok buat program StuEx yang satu ini, mengingat fokus program ini adalah kebudayaan sedangkan saya ini tidak ahli di bidang kebudayaan Indonesia.

Tapi, cita-cita buat belajar ke luar negeri itu tetep ada. Aku tetep ingin melihat dan merasakan belajar di belahan bumi yang lain.... Semoga tercapai ~

2 komentar:

  1. Jfs. Anak saya alumnus Jenesys 2 tahun yang lalu...

    BalasHapus
  2. waaah, yang long program atau intensive bu? dari chapter mana, kalau boleh tahu?

    anaknya suka nulis blog nggak? kalau punya blog, apa blognya? [sedang ingin menambah list bacaan saya, maklum blogwalker ^^]

    BalasHapus