Sabtu, 19 Maret 2011

About MATURITY

Hoho.... Malem-malem gini masih melek... Maksain diri buat ngMP, sekaligus rehat [baca: menjauhkan diri] dari kesibukan mengerjakan tugas sekolah yang rasa-rasanya nggak ada habisnya meski setiap hari sudah dipaksakan untuk dilahap sedikit demi sedikit... Huft...

Topik kali ini adalah tentang kedewasaan, maturity...

Saya selalu kesengsem sama orang yang menurut saya 'dewasa'. Menurut saya, mereka itu cool alias keren. Ini nih pendapat saya tentang MATURITY:

  • When you can control the time you have, you are mature.
  • When you can kill the laziness inside yourself, you are mature.
  • When you can solve your problem without panic, you are mature.
  • When you do obey the God's rules, you are mature.
  • When you can survive without bothering other person so much, you are mature.
  • When you love someone but you can control it, you are mature.--->maksudnya nggak sampai terjebak dalam cinta buta
  • When you have many things to do and you can do it all professionally, you are mature.
  • When you can make money for yourself, you are mature.--->sama aja dengan bertahan hidup tanpa terlalu merepotkan orang lain, dalam konteks ini orang tua
  • When you can control your emotion, you are mature.
  • When you can interact with other people well, you are mature.
  • When you can control your desires, you are mature.--->ngontrol nafsu maksudnya
  • When you can survive without your family [ex: study abroad alone], you are mature.
  • When you know well your duties and do it all sincerely, you are mature.
  • When you aren't spoil anybody else, you are mature.
  • When you know your talents and you can make it useful [for you and human being], you are mature.
  • When you spend your days [even your holiday] to make something useful, you are mature.
  • When you can forgive people who hurts you without any desire to revenge, you are mature.

Yupz... itu opini saya tentang sesuatu bernama kedewasaan.

Jujur, saya mengakui bahwa saya belumlah dewasa. Saya masih sering bertingkah kekanak-kanakan. Tapi, saya sangat ingin menjadi pribadi yang dewasa. Saya pun memulai perburuan kedewasaan. Dan salah satu tangkapan saya dari perburuan tersebut adalah kata-kata ini:

Kedewasaan itu bukan masalah usia
atau pengalaman.

Kedewasaan itu masalah pengendalian diri.

Mau bicara yang kasar dan norak; tahan,
pikirkan akibatnya, bayangkan penyesalannya.

Mau marah; tahan dan tunggulah sebentar,
lalu sampaikan harapan Anda dengan sabar.

Selalu, hanya katakan dan lakukan yang baik, ... itu!
{Mario Teguh}


Well, sederhana memang... Hanya katakan dan lakukan yang baik. Namun saya kira prakteknya tidak akan sesederhana itu. Meski demikian, kita harus berusaha terus untuk mendewasakan diri sendiri. Karena kita tidak pernah tahu kapan usia kita akan berakhir, dan dengan memiliki kedewasaan, kita dapat mengisi hidup kita yang singkat ini dengan banyak hal yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

2 komentar:

  1. dari listnya, ini tentang Maturity or Being Perfect? =)

    BalasHapus
  2. maturity donk... =) I never expect to be perfect... and nothing is perfect in this life...

    maksud saya, orang yang saya anggap dewasa itu gak musti punya semua kriteria itu... salah satu atau salah berapa aja udah cukup membuat saya kagum X)

    BalasHapus